Aren Indonesia

Kalimantan Selatan

Kabupaten Banjar

Di Astambul Ada Juga Santra Gula Aren

Sumber: http://www.banjarmasinpost.co.id/ Kamis, 7 Mei 2009 |

MARTAPURA, KAMIS – Saat ini, Sentra pengolahan gula aren yang terkenal adalah Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Padahal, potensi yang sama juga dipunyai Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Pasalnya, sumber daya alamnya cukup mendukung untuk mendorong kecamatan tersebut agar bisa menyaingi Kandangan sebagai sentra pembuat gula aren di Kalsel.

Untuk itulah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar memilih Kecamatan Astambul sebagai tempat Pelatihan Pengolahan Gula Aren.

Sebanyak 20 orang Petani Aren Astambul sebagai peserta pelatihan dilatih secara teori dan teknis aplikasi oleh para instruktur Fakultas MIPA Unlam Banjarbaru selama lima hari, 4 Mei s.d 8 Mei 2009.

Gula aren berasal dari nira ( cairan manis ) yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu.

Untuk mencegah nira mengalami peragian dan nira yang telah mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula, maka di dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.

“Ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada masyarakat, khususnya peminat, perajin maupun pengembang gula aren,” ujar Kabid Sumber Daya Manusia Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Drs. Putra, MAP.

Jadi tujuannya memberikan pengetahuan teknis seputar pengolahan gula aren agar dapat menjadi hasil olahan yang sesuai standar kesehatan dan higienis agar terhindar dari kandungan zat – zat yang dapat merugikan tubuh. “Kita berharap kedepannya, orang tidak lagi mencari, ini gula Kandangan kah? Tapi, ini gula Astambulkah,” ujarnya.

Dijelaskannya ,para instruktur menyediakan bahan belajar yang bervariasi dan menyajikannya secara gamblang, menjelaskan prosedur latihan yang akan dikerjakan dan selanjutnya memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada para petani untuk berlatih dan mengarahkan serta mengawasi jalannya proses pembelajaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar Ir. H. Gusti Ruswanto mengharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah, khususnya dari sisi tambahan penghasilan bagi keluarga maupun sebagai penyumbang PDRB Daerah.

Selain itu pemahaman petani aren dapat lebih meningkat sehingga terjadi peningkatan mutu hasil olahan gula aren baik berupa kapasitas produksi, bentuk, model, packing/kemasan yang menarik.

Kabupaten Balangan

S2037-medium

Potensi Aren di Kecamatan  Lampihong

Kecamatan Lampihong dikenal dengan potensi Aren, sehingga mendapat dukungan dari perusahaan Internasional (Adaro) dengan diberikan pembinaan serta permodalan. modal yang diterima petani cukup banyak untuk meningkatkan usaha pengolahan Aren

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: