Aren Indonesia

Gorontalo

Potensi Pengembangan Gula Aren/Gula Merah

Sumber:  http://bid.gorontaloprov.go.id/; Tuesday, 06 January 2009

Tanaman aren banyak ditemukan tumbuh di pinggir sungai dan tebing pegunungan di daerah pedalaman. Tanaman ini tumbuh alami sehingga menyebar tidak merata dalam suatu hamparan dan dengan jarak yang tidak teratur. Dengan demikian sampai saat ini belum dapat diketahui secara tepat populasi atau luas tanaman aren di Provinsi Gorontalo. Sebagian besar pengrajin gula merah hanya mengeksploitasi tanaman aren dengan mengambil nira untuk bahan baku gula merah dan sabut sebagai bahan bangunan, tetapi mereka tidak melakukan pemeliharaan tanaman tersebut secara baik.

Akses ke lokasi tanaman aren yang umumnya terletak di daerah pedalaman tergolong sulit. Oleh karena itu, pengrajin umumnya adalah rumah tangga yang tinggal di dekat lokasi tanaman tersebut untuk memudahkan pengambilan dan pengangkutan nira ke tempat pengolahan gula merah. Hasil gula merah biasanya dijual ke pedagang pengumpul yang juga berlokasi di dekat pengrajin atau pedagang pengumpul di pasar desa.

Produksi gula merah tiap usaha rumah tangga pengrajin masih sedikit, berkisar antara 3 – 15 kg dengan rata-rata 7.8 kg per hari. Dengan mengacu pada data jumlah pengrajin gula merah dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2007 sebanyak 487 unit usaha, diperoleh jumlah produksi gula aren di Provinsi Gorontalo tahun 2008 sebanyak 1 367 496 kg, yang pada tahun 2007 baru mencapai 1 048 708 kg

g01

g02

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: