Aren Indonesia

Kayu Aren

LANTAI KAYU AREN DIMINATI DI JEPANG

Sumber: http://arengasugar.multiply.com/journal/item/16/LANTAI_KAYU_AREN_DIMINATI_DI_JEPANG

Kesukaan orang Jepang pada lantai rumah yang terbuat dari kayu berwarna cerah ternyata bukan harga mati. Lantai berwarna kelam dari bahan kayu aren pun mulai disukai sebagai alternatif dan dianggap funky. Informasi ini dikemukakan Manajer Marketing PT.Sakura Sentral, Ellen Langi MBA, berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai produsen dan eskportir building material. Biasanya, katanya, konsumen Jepang lebih senang lantai kayu berwarna cerah, sebaliknya konsumen Eropa dan Amerika lebih menyukai kayu berwarna agak gelap.Namun khusus untuk lantai kayu aren, konsumen Jepang ternyata mau kompromi.

PT Sakura Sentral tidak mengalami kesulitan soal mengolah kayu aren, sebab perusahaan dan ekportir bahan bangunan terbesar di Sulawesi Utara ini sudah berpengalaman mengolah bahan baku sejenis, yaitu batang kelapa menjadi mebel,. Itulah bisnis awal perusahaan keluarga Langi yang berbasis di Kotamobagu, Sulut ini.

Dengan produk andalan daun pintu dan lantai dari kayu nyato,lingua, lasi dan aren, PT Sakura Sentral secara reguler mengapalkan ke mancanegara satu konteiner (20 feet) setiap minggu. Semua pelanggan itu kami dapatkan dengan rajin ikut pameran, termasuk PPE sejak tujuh tahun lalu.

Sayang di PPE sekarang ini orang bulenya sedikit sekali, sedangkan buyer dari Timteng berjubel. Buyer dari Timteng kebanyakan mencari barang-barang murah, padahal buatan kita kan kualitas ekpor, katanya.(RM)
(Jakarta, PPE 2004) (Tim Juri PPE 2004/Mrj)

DI TTG NASIONAL, JEMBER KIRIM PENGHALUS KAYU AREN

Sumber: http://magnetcendana.blogspot.com/2009/05/di-ttg-nasional-jember-kirim-penghalus.html

kim-rajinan

JEMBER – Alat penghalus kayu aren yang digunakan sebagai finishing (tahap penghalusan) kerajinan manik-manik, sumpit dan cowek bakal diikutsertakan dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Juni 2009.

Berkat alat itu berbagai produk kerajinan kayu aren bisa bernilai seni tinggi serta dikenal masyarakat luar Jember, bahkan luar negeri.

Kabid Teknologi Tepat Guna dan Sumber Daya Manusia (TTG dan SDM) Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas) Kabupaten Jember, Tombak Pramudya, mengatakan gelar TTG Nasional dimaksudkan sebagai upaya pengembangan informasi TTG dan forum penggalian serta pengembangan TTG berbasis pemberdayaan masyarkat. “Tujuannya untuk menggali gagasan dan pengembangan TTG sekaligus peningkatan pemberdayaan masyarakat,” bebernya.

Gelar TTG Nasional itu, bakal digelar mulai 6-10 Juni 2009 di Propinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru diikuti seluruh kabupaten di Indonesia.
“Rencananya, acara itu akan dibuka langsung Presiden tanggal 6 Juni 2009,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu daerah daerah di Indonesia bisa tukar informasi terkait pengembangan TTG setempat. “Kesempatan itu akan digunakan oleh masyarakat sebagai medi tukar-menukar informasi pemanfaatan TTG yang dikembangkan,” tegasnya.

Ia mengatakan, kendati Jember tak bisa menampilkan semua TTG tapi setidaknya, alat penghalus kayu aren sudah cukup mewakili sebagai teknik pengembangan kerajinan lokal.

Bahkan, produk kerajinan dari TTG ini cukup dikenal masyarakat luar Jember, bahkan dunia internasional. Sebab, kerajinan manik-manik dan sumpit sudah menembus pasar dunia.

“Selain TTG alat penghalus kayu aren, kita juga akan mendemonstrasikan beberapa TTG lainnya dalam bentuk visual,” tambahnya.
TTG secara visual akan menambah wawasan masyarakat luar Jember. “Minimal harapan kami bisa menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat luas,” imbuhnya lagi.

Dia menjelaskan alat penghalus kayu aren ini banyak dimanfaatkan untuk finishing hasil kerajinan berbahan kayu aren atau kelapa (glugu, Jawa). Jenis TTG yang akan dikirim adalah dari Desa Tutul Kecamatan Balung.
Warga di sana merakit TTG ini sendiri menggunakan dinamo dipadu bahan karet dengan tenaga dari listrik. “Untuk membuat alat tersebut tidak terlalu rumit. Masyarakat biasanya merakitnya sendiri. Maka di arena TTG Nasional kita akan demonstrasikan,” pungkasnya.kim/mc

Produk Kerajinan dari kayu aren

352647_stbb013

Sumber: http://faridcollection.indonetwork.or.id/sell/20.html

Gelang ini terbuat dari kayu aren, elestis. tersedia bermacam ukuran.

Negara Asal: Indonesia

Harga: $0,75

Cara Pembayaran: Transfer Bank (T/T)

Jumlah: 1 dz

Kemas & Pengiriman: plastik

352665_stbb016

Gelang ini terbuat dari kayu aren, elastis, tersedia bermacam ukuran.

Negara Asal: Indonesia

Harga: $0,75

Cara Pembayaran: Transfer Bank (T/T)

Jumlah: 1 dz

Kemas & Pengiriman: plastik

o

tempat-garam-dan-merica-150x150

Sumber: http://www.iklanmax.com/2008/

Tempat garam dan merica – Code : TGM1
Tempat Garam da Merica dari kayu aren
Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
contact : balisujen@gmail.com (0361) 3105278
Harga: Rp. 10.000
Kontak: Tn. I Kadek Ramadana
Telepon/Ponsel: 0361 977340
Alamat: Jln Raya Ubud Bali
Kota: Gianyar 80571, Bali

suvenir_sumpit_bundar_kcl

Sumber: http://www.thebestwedding.biz/

Sumpit bundar dan tatakannya yang terbuat dari kayu aren, dihiasi dengan pita satin dan bunga.

Warna produk pada gambar adalah Light Brown, dan Dark Brown.

Harga Kami: Rp. 2.500

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: