Aren Indonesia

Bibit Aren

Bibit Aren Varietas Dalam

Sumber: http://www.bibit-aren.blogspot.com/

Ada dua jenis umum aren yang terdapat di Indonesia , varietas genjah yang berpohon pendek ( umumnya tinggi kurang dari 8 meter sudah bisa disadap niranya ) , yang memiliki kapasitas 10 – 20 liter nira per hari per pohon ; dan varietas dalam , lebih jangkung , mulai menghasilkan nira di atas usia 7 tahun , optimal pada usia 10 tahun ke atas. Nira yang dihasilkan 25 – 35 liter per hari.

DSCI1042

DSCI1039

Berkaitan dengan penyadapan, para ahli mengatakan  waktu penyadapan nira yang optimal adalah pada jam 03.00 – 04.00 di pagi hari. Selain nira , pohon aren juga menghasilkan kolang kaling pada tandan bunga betinanya. Sebenarnya , untuk varietas dalam , yang bisa disadap niranya selain dari tangkai bunga jantan , tangkai bunga betina pun juga mengeluarkan aren yang tidak kalah banyaknya.

biji aren var. dalam

anakan aren dlm polybag

Saat ini harga jual rata – rata aren per liter adalah Rp.2.000. Rendemen gulanya kira – kira 14 – 20 %. Berbeda dengan tebu yang hanya 6 – 8 %. Aren tidak memerlukan insektisida , dan tidak rakus hara , bisa tumbuh di lahan dengan kemiringan , sedangkan tebu meminta lahan datar yang subur.

Jarak tanam yang dianjurkan adalah 8 x 8 meter , minimal 6 x 6 meter. Populasi per hektar antara 150 – 200 batang.

Hitungan+bisnis+aren

Aren sangat potensial menjadi sumber pemasukan tetap yang bisa diandalkan. Di tahun ke- 10 bisa menghasilkan Rp. 5,2 juta / hektar per hari. Hanya saja , waktu tunggunya relatif lama. Perhatikan hitungan bisnis di atas.Anjuran kami adalah tumpangsari dengan Paulownia atau Sengon/Albasia. Di bawahnya masih bisa tumpangsari lagi. Hasil Paulownia per 5 tahun US$ 120.000/hektare , Sengon Rp. 320 juta / hektare.

Cara berkebun & hitungan bisnisnya ada di
http://www.bibitsengon.blogspot.com
http://www.paulowniaindonesia.blogspot.com
http://www.budidayapaulownia.blogspot.com

Kami menyediakan benih aren varietas dalam dengan tinggi 25 cm ke atas , harga Rp. 5.000/batang , franco Semarang , minimal pembelian 100 batang.

Juga tersedia bibit sengon / albasia morotai. Lihat di
http://www.sengonmorotai.blogspot.com

Hubungi kami,  CV. Multivalent Prima, Jl. Tlogosari selatan H 12, Semarang 50198. Telp/fax. 024 7674 5605. HP 0858 66 231 777, Rudy Krisbiantoro

Balitbang Kembangkan Aren Kapur dengan Sistem Kultur Jaringan

Sumber: http://www.kapanlagi.com/newp/h/0000025638.html


Kapanlagi.com – Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitban) Provinsi Bengkulu akan mengembangkan tanaman aren kapur melalui sitem kultur jagingan guna memperoleh turunan bibit berkualitas.

“Pengembangan dengan sistem kultur jaringan ini akan memperoleh bibit yang kualitasnya sama dengan induknya,” kata Kepala Balitbang Provinsi Bengkulu, Syarifuddin Khalik di Bengkulu, Sabtu.

Selama ini, katanya, pengembangan aren kapur melalui pembibitan dari biji/buah sehingga bibit yang diperolehnya terkadang berkualitas rendah atau tidak sama dengan induknya.

Terkait dengan rencana itu, Balitbang kini sedang mencari pohon aren kapur bekualitas yang akan dijadikan induk pengembangan sistem kultur jaringan tersebut.

“Kesulitan dalam pembibitan sistem kultur jaringan ini yakni mencari bibit unggul sebagai induk, karena kesalahan pemilihan bibit akan berakibat buruk pada pengembangan turunannya,” katanya.

Dijelaskan, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mengembangkan pohon aren kapur guna ditanam pada kawasan penyangga hutan lindung dalam rangka mencegah terjadinya perambahan pada kawasan dilindungi tersebut.

“Kita sudah melakukan pembibitan dari biji sebanyak 300 batang, di UPT Kuro Tidur Kab. Bengkulu Utara,” katanya dan menambahkan, masih diperlukan ribuan batang aren untuk menanami kawasan penyangga hutan lindung di daerah itu.

Kekurungan bibit aren akan diupayan dari hasil pengembangan sistem kultur jaringan.

Pohon aren sangat cocok ditanam di kawasan penyangga hutan lindung, karena dengan akarnya yang merambat akan mampu mencegah agar tidak terjadi longsor.

Selain itu, lanjut dia, secara ekonomis pohon aren juga cukup menjanjikan karena dapat menghasilkan gula merah yang mempunyai harga jual tinggi.

“Kawasan penyangga hutan lindung di Bengkulu ratusan hektare jadi jika seluruhnaya ditanami pohon aren akan menghasilkan pemasukan cukup besar bagi daerah,” katanya.

Satu haktare (ha) lahan dapat ditanami 400 batang aren dengan produksi dua ton per ha per hari. Jika dijual Rp3.000 per-kg maka uang masuk sekitar Rp8 juga per ha per hari.

“Untuk jangka panjang penanaman pohon aren ini akan diserahkan pada masyarakat, namun guna `merangsang` minata penduduk pemerintah akan memulainya dengan mananam 300 batang,” katanya.

Ia menjelaskan, selain gula merah beberapa bagian pohon aren seperti ijuk, batang dan sagunya (isi batang) dapat diolah dan memiliki nilai jual.

“Ijuknya sebagai bahan sapu, batangnya untuk menbuat rumah dan sagunya dijadikan untuk membuat kue,” katanya. (*/rit)

8 Comments »

  1. saya mau beli biji dan bibit paulownia.untk jakarta.hub saya pa nuri 081288201969/08161698733

    Comment by noor badri — November 8, 2009 @ 6:28 am

  2. Ass… Saya mau pesan bibit Aren Unggul untuk 1 ha, tolong informasikan berapa harga dan biaya kirim melalui Email saya, terima kasih

    Comment by Mhd.Irwan — December 30, 2010 @ 7:24 am

  3. Ass….Saya juga tertarik pada pohon aren, dimana kira-kira saya dapat membeli bibit aren unggul

    Comment by nasrial — February 7, 2012 @ 9:11 am

  4. saya mau beli biji aren yang unggul untuk disemaikan berapa harganya/500 biji +ongkos kirim ke jakarta,terima kasih

    Comment by rotu bintang — August 7, 2012 @ 12:14 pm

  5. assalamualaikum,saya minat membeli bibit aren unggul,dimana yg menjuwal,,,hubungi sy 085367041979.atas nma andi sukamto,lampung tengah

    Comment by andi sukamto — August 21, 2012 @ 8:03 am

  6. assalamualaikum,saya minat membeli bibit aren unggul dibuat penelitian, berapa harganya/500 biji +ongkos kirim ke malang,terima kasih

    Comment by zizie — November 20, 2012 @ 2:33 am

    • assalamualaikum,saya minat membeli bibit aren unggul dibuat penelitian, berapa harganya/250 biji +ongkos kirim ke malang,terima kasih

      Comment by zizie — November 20, 2012 @ 2:44 am

  7. ass.
    saya tertarik untuk membeli aren dalam bentuk liter//
    kalau bisa hub. 081995117588

    Comment by andy — November 8, 2013 @ 12:33 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: